DISPERDAGIN SITUBONDO_ DESAIN PRODUK SOLUSI BAGI PENGRAJIN KERANG DI SITUBONDO

Banyak yang mengeluh dan bertanya Mengapa banyak produk IKM yang masih susah untuk bersaing? Jika kita menanyakan hal itu sebenarnya banyak kendala yang dihadapi oleh IKM salah satunya IKM kerajinan kerang. Salah satunya adalah minimnya informasi mengenai pentingnya kemasan terhadap pemasaran produk. Kenyatannya sebagian besar pelaku IKM masih menganggap sepele peran kemasan. Banyak di antara mereka yang tidak memperhatikan kemasan produknya, sehingga produknya tidak memiliki nilai jual lebih di mata konsumen. Akibatnya, banyak produk IKM yang tidak laku di pasaran.

Hal ini diperparah dengan sedikitnya unit usaha yang melayani pembelian kemasan dalam partai kecil. Dengan begitu, pelaku IKM pun bingung harus kemana jika ingin kemasan produknya lebih menarik untuk dipasarkan. Selain itu, sangat sulit meyakinkan IKM bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa meningkatkan keuntungan. Maka dari itu,Dinas Perindustrian Dan Perdagangan provinsi jawa timur bekerja sama dengan Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (DISPERDAGIN) Situbondo untuk memecahkan masalah yang sering di rasakan oleh para pelaku IKM khususnya kerajinan kerang yang ada di situbondo. Yaitu dengan mengadakan pelatihan pengembangan desain produk kerajinan kerang.

Kegiatan ini sesuai dengan anjuran gubernur jawa timur untuk mengembangkan produk berbahan kerang,yang mana seperti kita ketahui situbondo merupakan salah satu kota yang memiliki produk unggulan dari kerajinan kerang,akan tetapi kita masih susah dalam pemasarannya.

Penyelenggaraan pelatihan pengembangan desain Produk yang diadakan oleh UPT.Pengembangan Mutu Produk Industri dan Teknologi Kreatif Surabaya yang bekerjasama dengan dinas perdagangan dan perindustrian (DISPERDAGIN) SITUBONDO di ikuti oleh 25 (dua puluh lima) peserta terdiri dari perajin kerangdi desa pasir putih kecamatan bungatan kabupaten situbondo dan sekitarnya.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada hari rabu hingga kamis tanggal 13 – 14 november 2019 di ruang pertemuan hotel sidomuncul 1, jl Raya Pasir Putih no 87,situbondo yang di buka langsung oleh Bpk Hartoyo,S.Sos  Selaku perwakilan dari Kepala Dinas Perdagangan Dan Perindustrian (DISPERDAGIN) Situbondo.

Ada 3 tujuan pokok diadakannya pelatihan pengembangan desain produk kerajinan kerang , yaitu 1,) membuka wawasan IKM tentang inovasi desain dan pengembangan produk kerajinan kerang. 2,) meningkatkan pengetahuan IKM terkait teknik dan desain yang sedang trend dan dapat diaplikasikan pada material kerang. 3,) memperkenalkan salah satu layanan yang di berikan oleh dinas Perdagangan dan perindustrian provinsi jawa timur,yaitu PPSH dan Klinik Desain.

Kegiatan ini di intrukturi langsung dari cococraft ( sebuah perusahaan yang bergerak di bidang dekorasi interior yang menggunakan berbagai material kreatif seperti batok kelapa, kerang hingga kayu manis) yaitu  Sdr. Yudi Oentoro,ST dan Sdr. Langgeng Utomo,ST.

Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi saudara – saudara sekalian, dan dapat membantu pengembangan Ikm di jawa timur khususnya di Kab SITUBONDO “ ujar Sekretaris Dinas Perdagangan dan Perindustrian (DISPERDAGIN) “ M.WAHID WAHAB SUTAN DINI HARI,SE,MM.

(AR@ZA)