DISPERDAGIN SITUBONDO_ PENGOLAHAN IKAN PELUANG INDUSTRI MASA DEPAN

DISPERDAGIN_ KLATAKAN  05 NOVEMBER 2019

Situbondo adalah salah satu kabupaten yang memiliki  potensi  hasil laut yang lumayan melimpah di jawa timur, akan tetapi masih banyak masyarakat kita yang kurang  tanggap dalam pemanfaatan kekayaan alam yang satu ini yaitu kekayaan alam hasil laut,seperti ikan, kerang , rumput laut dll. Melihat kondisi seperti ini Dinas  Perdagangan dan Perindustrian (DISPERDAGIN) Situbondo  mengadakan pelatihan untuk ibu – ibu rumah tangga dalam pengolahan hasil laut yaitu pelatihan IKM pengolahan ikan.

Kegiatan ini berlangsung di dalam aula Desa Klatakan pada hari selasa tanggal 5 November 2019  - hingga hari sabtu tanggal 8 November 2019 yang di ikuti oleh 25 peserta yang sebagian merupakan ibu ibu rumah tangga yang berada di desa klatakan kec. Kendit. Tidak hanya pelatihan dalam pengolahan ikan saja akan tetapi para peserta juga mendapat pelatihan kemasan untuk produk industrinya sehingga tampilannya akan lebih menarik ketika dilihat.

menurut pendapat Kepala seksi (KASI) industri Agro dan Kimia “SETYANI,S.Sos  kegiatan ini di lakukan agar masyarakat klatakan terutama ibu-ibu di sini  mampu menciptakan produk industri pengolahan ikan menjadi aneka makanan atau olahan yang berfariasi , sehingga konsumen bisa memilih sesuai selera mereka ketika kita  pasarkan ke pangsa pasar. Sehingga nantinya dapat menjadi pendapatan mandiri dan sekaligus dapat membantu perekonomian keluarga.

“ saya sangat senang dengan adanya pelatihan ini karna saya pribadi dulunya sangat minim pengetahuan tentang pengolahan ikan bahkan tidak ada pemikiran untuk berbisnis dalam pengolahan ikan ini ,akan tetapi berkat pelatihan ini saya merasa bersemangat untuk mencoba berindustri di rumah untuk pengolahan ikan ini sekaligus bisa membantu meringankan beban suami dalam urusan ekonomi di rumah. Ujar salah satu peserta” tuminah

AR@ZA