DISPERDAGIN Situbondo, sukses mengantarkan Pasar Ber SNI Di Kabupaten Situbondo

Pemerintah Daerah Situbondo Khususnya DINAS Perdagangan dan Perindustrian Situbondo ( DISPERDAGIN) sukses mengantarkan pasar Rakyat yang berstandar Nasional indonesia ( SNI ) Yaitu di Pasar Curah Kalak sehingga dalam hal ini Kab Situbondo Menjadi salah satu Kabupaten yang berhasil mendapat Penghargaan dan Apresiasi  dari Menteri Perdagangan .

 

Komitmen pemerintah daerah dalam memajukan pasar rakyat tersebut diwujudkan, antara lain dengan mengalokasikam anggaran untuk revitalisasi pasar rakyat, menggelar kegiatan festival pasar rakyat, mendorong pasar rakyat agar sesuai dengan standar nasional Indonesia (SNI), dan berbagai upaya lainnya.

 

PenghargaanTersebut  diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Agus Suparmanto dalam rangkaian rapat kerja Kemendag di hotel Borobudur, Kamis (5/3/2020).

 

“Pemberian penghargaan ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi pemerintah daerah lainnya untuk terus berupaya memajukan pasar rakyat demi tercapainya kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat,” tutur Mendag Agus.

 

Pada kesempatan tersebut, Mendag Agus juga memberikan sertifikat SNI pada lima pasar rakyat di lima kabupaten/kota yang telah mendapatkan pendampingan dan sertifikasi selama tahun 2019. Lima pasar yang mendapatkan sertifikat SNI yaitu pasar Kertawaringin Sari kota Denpasar, pasar Podosugih kota Pekalongan, pasar Blantik Raya kabupaten Siak, pasar Sumpang Minangae kota Pare-Pare, dan pasar Curah Kalak kabupaten Situbondo.

 

Dalam hal ini “ YOGIE KRIPSIAN SAH,SSTP.M.Si” SEKDIS PERDAGIN Selaku Perwawakilan Dari Bapak Bupati Kab, Situbondo yang menerima Penghargaan dan Apresiasi Langsung Dari Kementrian Perdagangan Menjelaskan” penyerahan sertifikat SNI Pasar Rakyat ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan pendampingan penerapan SNI Pasar Rakyat. "Pendampingan dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan fasilitas pasar rakyat yang ada di Situbondo sebagai ujung tombak perekonomian Indonesia.

 

Menurutnya, pasar rakyat merupakan suatu infrastruktur ekonomi daerah yang mempunyai fungsi strategis. "Fungsinya di antaranya untuk memberikan kontribusi terhadap perekonomian daerah, meningkatkan kesempatan kerja dan menyediakan sarana berjualan, terutama bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah," jelas Yogie Selaku Perwakilan dari Pemerintah Situbondo tersebut.

Selain itu, lanjut Yogie, pasar rakyat menjadi referensi harga bahan pokok yang mendasari perhitungan inflasi dan indikator kestabilan harga dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Pasar rakyat juga merupakan salah satu sarana pelestarian budaya setempat dan merupakan hulu sekaligus muara dari perekonomian informal yang menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia.

 

Yogie berharap tiga pasar yang sudah mendapatkan Sertifikat SNI Pasar Rakyat, yakni Pasar Mangaran, Pasar Kapongan dan Pasar Curah Kalak Jangkar terus berjalan sesuai dengan pedoman dalam mengelola dan membangun pasar rakyat, serta memberdayakan komunitas Pasar Rakyat, sehingga dapat dikelola secara profesional, memiliki kualitas dan fasilitas yang memadai untuk terciptanya pasar rakyat yang bersih, sehat, aman dan nyaman.

 

Ada 44 pedoman/persyaratan pasar rakyat yang dirangkum menjadi persyaratan umum, persyaratan teknis, dan persyaratan pengelolaan. Persyaratan umum meliputi lokasi pasar, kebersihan dan kesehatan, keamanan dan kenyamanan. Sedangkan, persyaratan teknis meliputi lalu lintas orang, kendaraan bongkar muat, fasilitas umum/toilet, zonasi, area parkir, pos ukur ulang, dan rumah ibadah. Selain itu, persyaratan pengelolaan meliputi struktur organisasi dan personalia pengelola, prosedur kerja pemberdayaan pedagang, dan SOP).

 araza