Napi Terampil Untuk Kehidupan Yang Lebih Baik@ DISPERDAGIN SITUBONDO

                Sesuai dengan amanat Pancasila sila ke II yang berbunyi “ KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB “ yang di mana terkandung makna tentang mengakui persamaan derajat,persamaan hak dan kewajiban asasi setiap manusia tanpa membeda – bedakan suku , keturunan , agama , kepercayaan , kedudukan sosial dan warna kulit, demikiaan juga terhadap narapidana yang sedang menjalani masa tahanan di dalam Lembaga Pemasyarakatan yang berada di kota bumi sholawat SITUBONDO.

                Untuk menjalankan amanat tersebut di atas dinas Perdagangan dan Perindustria (DISPERDAGIN) Situbondo memfasilitasi Kepala LAPAS kelas II situbondo yang  menggelar pelatihan keterampilan pembuatan odheng khas situbondo dan topeng yang di selenggarakan di aula pertemuan LAPAS. Segala fasilitas sudah di persiapkan oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian untuk terselenggarakannya kegiatan tersebut mulai dari Pemateri/instruktur , sarana dan prasarana hingga konsumsi untuk peserta . pelatihan ini di ikuti oleh 20 narapidana di (LAPAS) SITUBONDO dan berlangsung sekitar 5 hari yang di mulai pada tanggal 28 Oktober 2019 dan berakhir pada tanggal  01 November 2019. Pelatihan ini di pimpin / di buka langsung oleh sekretaris DISPERDAGIN ”Bpk M.WAHID WAHB SUTAN DINI HARI, SE.MM.

Tujuan dari pelatihan ini tidak lain ialah untuk memberikan keterampilan kepada para narapidana sekaligus untuk memenuhi hak  mereka sebagai warga situbondo yang masih ingin memperbaiki hidupnya untuk lebih baik lagi kedepannya.

“kami berharap dengan adanya pelatihan ini bisa mencetak eks NAPI tersebut menjadi tenaga yang terampil dalam bidang ini dan bisa berwirausaha ketika mereka sudah bebas dari Lembaga pemasyarakatan ( lapas ) situbondo. sehingga kelak ketika mereka sudah kembali kepada lingkungan masing2, mereka tidak bingung untuk mencari pekerjaan dan bisa menjadikan keterampilan ini menjadi usaha mereka yang baru di rumah masing2.” UJAR KEPALA SEKSI INDUSTRI LOGAM,MESIN,ELEKTRONIKA,TEKSTIL DAN ANEKA’’ BPK SISWAHYUDI,S.SOS. Beliu juga mengatakan bahwa sebelumnya sudah ada beberapa pelatihan yang sudah di gelar di LAPAS ini, yaitu seperti kerajinan kerrang, membatik dll.

Salah satu napi “ardiandino mengatakan  saya sangat senang dengan adanya pelatihan pembuatan odhen khas situbondo ini karna terus terang saya dari dulu hanya bisa melihat odheng tersebut,sekarang berkat pelatihan ini saya bukan hanya sekedar melihat bahkan saya bisa membuatnya dengan tangan saya sendiri.kalau seandainya nanti saya sudah bebas ,saya akan mencoba membuka usaha di bidang ini .

Para peserta yang lain juga berharap kegiatan seperti ini bisa menjadi program atau agenda tahunan agar para napi memiliki keterampilan selepas  dia bebas dari masa tahanan.

 

AR@ZA