SABLON, Solusi Masa Depan Pemuda Kreatif@ DISPERDAGIN SITUBONDO

                Peningkatan kreatifitas pemuda merupakan salah satu usaha pemerintah dalam pengembangan bakat dan menekan angka pengangguran. Pemerintah selalu membuat program melalui berbagai macam pemberdayaan masyarakat. Salah satu bagian dari barometer keberhasilan dari kegiatan pemberdayaan adalah dimana para peserta mampu mandiri terhadap kehidupannya serta dapat memberi kontribusi terhadap lingkungan.

                Dinas perindustrian dan perdagangan (DISPERINDAG) situbondo selalu memberikan kontribusinya untuk masyarakat yaitu dengan merealisasikan semua program – program pemberdayaan masyarakat.program kali ini dikemas dalam bentuk magang IKM [ Industri Kecil dan Menengah ] Sablon.mayoritas peserta terdiri dari remaja putra maupun putri yang ingin mengasah kemampuan dan melatih dirinya di bidang tsb.sehingga kelak secara mandiri bisa memiliki penghasilan dan keahlian yang di ajarkan melalui magang sablon tsb.

                Kegiatan magang sblon ini berlangsung kurang lebih 15 hari,yang di mulai hari jum’at tanggal 25 oktober dan diperkirakan berakhir tanggal 7 november.kegiatan ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Kepala Seksi industry logam,mesin,elektronika,tekstil dan aneka” BPK SISWAHYUDI,S.SOS yang di dampingi oleh SEKRETARIS DISPERDAGIN “ Bpk M. WAHID WAHAB SUTAN DINI HARI,SE,MM pada pukul 08:30 wib di aula wisma baluran dan di ikuti oleh 6 peserta yang terdiri dari remaja putra dan putri situbondo. Magang kali ini melibatkan Narasumber yang berkompeten di bidang desain dan penyablonan yakni Bpk Martin.beliau mengatakan bahwa dalam menyablon,kita juga harus paham dalam mendisain dan memunculkan ide kreatif dalam diri kita, maka dari itu sebelum menginjak ke praktik alangkah baiknya kita pelajari dlu cara mendisain.dengan begitu kita akan lebih muda dalam memahami cara menyablon dari step by step.’ujarnya

                ’Bpk SISWAHYUDI S.SOS menekankan bahwa dalam hal ini agar para peserta dapat mengembangkan bakatnya dalam bidang sablon karna ini merupakan salah satu kegiatan pemberdayaan masyarakat di bidang ekonomi yang mana nantinya hasil karya sablonmu bisa menunjang sektor pariwisata yang sedang di galakkan oleh pemerintah situbondo, yang tentunya dapat meningkatkan ekonomi mandiri serta dapat menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat sekitar.

                Sementara itu sekretaris DISPERDAGIN ”Bpk wahed menjelaskan tujuan diadakan magang ikm sablon ini selain bisa mencetak remaja yang mandiri dalam berwirausaha,para peserta diharap mampu memunculkan ide kreatifitasnya dalam mendisain kaos sablon,sehingga nantinya dapat menciptakan suatu ciri khas atau karakter kaos situbondo agar menjadi salah satu daya tarik masyarakat luar untuk dijadikan buah tangan ketika berwisata ke situbondo.’ Seperti contoh nama kaos JOGER ini identik dengan pulau bali,kaos DAGADU identik dengan jogjakarta,nah ini yang saya inginkan peserta mampu menciptakan brand2 kaos untuk situbondo’’ujarnya.

               

Pelatihan kali ini sungguh memiliki ketrampilan praktis dan bernilai ekonomis. Selain teori pelatihan  di sini juga mempraktikkan sendiri bersama para peserta yang lain dengan bimbingan langsung pematerinya yaitu bapak Martin. sehingga kami lebih gampang memahaminya karna ketika ada kesalah, langsung di tangani oleh bapak martin. alhmdlilah sekarang saya mempunyai keterampilan yang baru dan semoga ini sebagai awal yang bagus untuk kehidupan saya kedepannya.ujar salah satu peserta " ENDY FA'IQOTUL

 

                                                            ar@za